Teknik Bubut Noken As Untuk Meningkatkan Performa Mesin

Teknik Bubut Noken AsKali ini saya akan berbagi tips Teknik Bubut Noken As Untuk Meningkatkan Perfoma Mesin, Karena sekarang ini banyak sekali produsen noken as dengan performa tinggi di pasaran dan harganya cukup sulit dijangkau apalagi dengan seorang pelajar SMK yang ingin motor mejadi bertenaga. Daya tahan produk tersebut juga tidak semuanya baik yah pasti ada yang kurang baik walaupun hanya sedikit produk kw kwan. Melihat masalah mahalnya noken as performa tinggi di pasarannya, maka sebenarnya kita pun bisa untuk mengubahnya sendiri dengan membubutnya atau memodif noken as sendiri dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas yang tak kalah dengan produk produk di pasaran itu hehe.

Noken as bila mau bekerja maksimal bila membuka pada waktunya serta bekerja menurut durasu tertentu dan berakhir tepat waktu. Oleh karena kita harus memahami benar tentang rumus, ukuran dan setelannya yang pas agar memperoleh performa tinggi pada saat motor digerungkan atau digeber. anda harus berapakah setelan klep yang pas yah, berapakah LSA yang diingkan, berapa derajat pula overlapping yang anda mau, dimna posisi Lobe Center diposisikan, serta berapakah maximum valve liftnya di mesin yang bukan hanya lobe liftnya saja. Yang penting dari itu adalah cara pemasangan cam serta dialing sebuah noken as sehingga mereka mau membuka dan menutup sesuai kehendak kita. Kemampuan mengolah data inilah yang akan menjadi sistem informasi kita dalam menentukan riset mesin balap, dimna efek jika setelan dirubah, di RPM berapa dia bekernya bagus, pada RPM berapa dia melemah. Setidaknya apa yang dinginkan admin bagikan disini adalah perhitungan sederhana, bagaimana cara mengtau durasi camshaft.

Pada aturan internasional tentang camshaft, durasi diukur saat bukaan klepnya adalah angka dial gauge menunjukan pada 0.050 inch atau 1,27mm. Akan tetapi untuk para mekanik kalau ngomongin durasi biasanya pada angkatan 1mm, so misalnya durasi motor derajanya 260, itu diukur angkatan 1mm. Durasi sebenarnya saat klep mulai membuka adalah 0,15 dan saat hampir menutup adalah 0, 15mm saja.

Contoh menghitung durasi noken as Yahama Vega R saja yah:
Intake membuka 27 derajat sebelum TMA dan menutup 53 derajat setelah TMB, Exhaut membuka 55 derajat sebelumTMB dan menutup 29 derajat setlah TMAnya.

TMA= Titik Mati Atas, TMB= Titik Mati Bawah

Mari menghitung durasi bersama admin yah, LC dan LSAnya :

Durasi Intake     = 27+180+53=260 derajat
Durasi Exhaust  = 55+180+29=264 derajat
Lobe Center In   = 260/2-27=103 derajat
Lobe Center Ex  = 264/2-29103 derajat
LSA                    = 103 derajat

Nah itu lah durasinya dari LSa kita akan tahu sebuah camshaft, dari posisi LC kita akan bisa menetukan maximumnya lift apakah sudah tepat atau belum tepat, dari durasi kita akan tahu RPMnya berapa dia akan bekerja dengan baik jika anda ragu jangan di coba yah hehe.

Nah durasi contoh diatas yaitu ukuran standart yang didapat dari noken as standart bawaan dari pabrik Yamaha Vega R, Saran admin adalah lakukan bubut noken as di bengkel – bengkel terbaik,ternama dan terpercaya dikalangan masyarakat dan yang penting sudah paham mengenai setelan dan ukuran dasar saja hehe dan cuma itu yang saya tahu tentang Teknik Bubut Noken As Untuk Meningkatkan Perfoma Mesin jika ada salah kata mohon maaf TERIMA KASIH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *