Faktor Penyebab Mobil Turun Mesin Dan Cara Mengatasinya

penyebab mobil turun mesinPenyebab turun mesin mobil sangat merugikan untuk kendaraan Anda. Maka dari itu, jika Anda memiliki mobil, sebaiknya hindari sedini mungkin terjadinya mobil turun mesin, karena tentu akan menyebabkan banyak biaya untuk mengatasinya. Turun mesin atau bisa disebut juga dengan overhaul, adalah masalah berat pada mesin mobil yang harus Anda jauhi. Kenapa disebut dengan turun mesin, karena memang dalam melakukan perawatan atau melakukannya, mesin mobil harus diturunkan untuk diteliti dan diperbaiki. Untuk mengetahui penyebab mobil turun mesin, maka mesin harus diturunkan dan dikeluarkan sehingga bisa mengetahui berbagai masalah yang terjadi pada komponen mesin mobil.

Ketika sebuah mesin sudah diketahui penyebab mobil turun mesin, maka akan dilanjutkan dengan penganalisaan terhadap segala gangguan yang mungkin terjadi. Lalu gangguan semacam apa yang menjadi penyebab mobil turun mesin, apakah memang gangguan pada mobil ini sangat serius dan berbahaya untuk kelangsungan dan kenyamanan mobil Anda. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa poin penting di bawah ini.

Berikut ini faktor faktor Penyebab Mobil Turun Mesin

  1. Terjadinya Overheating

Apakah mobil Anda pernah mengalami mogok? atau justru sering mengalami mogok. Jika ditelusuri lebih dalam, penyebab mobil mogok ini ada banyak sekali, diantaranya adalah bensin habis, busi mati atau tidak berfungsi, ataupun juga mobil mengalami over heating. Untuk overheating sendiri, bisa menyebabkan berbagai kerusakan lainnya seperti kepala silinder melengkung, bercampurnya oli dengan air dan berbagai gangguan pada mesin mobil lainnya. Nah, jika terjadi masalah ini, maka cara memperbaikinya adalah harus dilakukan penurunan mesin dengan melepas kepala silinder dan kemudian diratakan atau dengan kata lain tidak secara total dibongkar.

Cara Mengatasi :

Untuk cara mengatasi mobil turun mesin jika terjadi overheating, maka langkah antisipasi yang bisa Anda lakaukan adalah dengan mengatur temperatur mesin mobil. Jadi ketika temperatur mesin sudah berada pada level panas atau dengan simbol H, maka sebaiknya mesin segera dimatikan saja dan kemudian dilakukan pengecekan secara lebih lanjut. Pada umumnya, penyebab terjadinya overheating adalah karena sistem pendingin tidak bekerja secara optimal, seperti misalnya kipas radiator mati, terjadi kebocoran sehingga air pendingin habis dan lain-lain.

  1. Sistem Pelumasan Buruk Atau Oli Mesin Habis

Penyebab mobil turun mesin selanjutnya adalah dikarenakan sistem pelumasan yang tidak bisa bekerja dengan baik. Atau bisa jadi bahkan oli mesin mobil Anda mengalami kehabisan. Sistem pelumasan mobil ini sangat penting sekali pada mobil Anda, pelumasan mobil ini dibutuhkan untuk menjaga pergesekan di dalam mesin mobil agar tidak terjadi pemanasan yang terlalu tinggi. Sehingga ketika sistem pelumasan ini tidak bekerja dengan baik, maka tentu saja komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan karena gesekan tanpa adanya pelumas.

Cara Mengatasi :

Karena sistem pelumasan pada mesin mobil ini sangat terkait dengan oli mobil, maka cara mengantisipasi terjadinya kerusakan pada sistem pelumasan, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan pada oli mesin mobil Anda. Dan jangan sampai lupa untuk selalu mengganti oli mesin mobil Anda secara berkala. Atau bisa juga Anda lakukan dengan melakukan pengecekan pada indikator oli pada dashboard mobil Anda. Jika indikator pada dashboar menyala atau gambar cangkir ada tetesan, artinya adalah terjadi masalah pada sistem pelumasan. Masalah yang sering timbul adalah tekanan kurang atau juga sirkulasi yang buruk.

  1. Timing Belt Putus

Penyebab mobil turun mesin selanjutnya adalah bisa jadi karena terjadinya putus timing belt. Timing belt sendiri berfungsi sebagai penyalur tenaga dari poros engkol ke poros nok. Bila terjadi putus pada timing belt, maka akan terjadi piston dan katup-katup nya bertubrukan. Sehingga tentu saja hal ini akan membuat kerusakan pada katup dan pistonnya. Namun ada juga beberapa kasus yang sama namun tidak menyebabkan terjadinya gangguan pada mesin yang signifikan namun tetap bisa membuat mobil mogok dan tidak bisa dihidupkan.

Cara Mengatasi :

Untuk cara mengatasi terjadinya kerusakan pada timing belt ini, tidak ada cara lain kecuali dengan melakukan antisipasi terlebih dahulu. Artinya Anda harus mengganti timing belt secara rutin untuk mencegah terjadinya hal buruk pada timing belt.

  1. Mobil Kemasukan Air Atau Water Hammer

Selanjutnya, yang bisa menjadi penyebab mobil turun mesin biasanya adalah terjadinya kemasukan air pada mobil. Masuknya air bisa melalui saluran hisap yang biasanya terjadi ketika mobil melewati jalan tergenang air. Nah, air yang masuk ini kemudian akan ikut berada di ruang bakar, sehingga hal ini tentu bisa menimbulkan sesuatu yang berbahaya. Hal ini bila terjadi tekanan dari piston, maka bisa menyebabkan piston menjadi berlubang atau bahkan bisa pecah/. Selain itu juga bisa menyebabkan connetcting patah, katup menjadi bengkok, poros engkol rusak dan kemudian bisa menyebabkan mobil menjadi mogok.

Cara Mengatasi :

Untuk mengatasi terjadinya hal ini, yang harus Anda lakukan adalah dengan mengendarai mobil dan menghindari genangan air di jalan. Sebaiknya jauhi jalan yang sedang mengalami banjir. Karena bagaimanapun juga kondisi jalan yang banjir sangat tidak ideal untuk mobil Anda. Selain sangat berbahaya pada mesin mobil Anda, juga sangat berbahaya untuk keselamatan Anda sendiri maupun orang lain.

Nah teman-teman semua, itulah beberapa penyebab mobil turun mesin serta cara mengatasi mobil turun mesin yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua. Selain penyebab mobil turun mesin, Anda juga harus memahami cara mengatasi mobil turun mesin dan juga cara mengantisipasi mobil turun mesin sekalian. Ini sangat penting sekali untuk tips perawatan mesin mobil Anda.

Yang paling utama dalam mengatasi mobil turun mesin sebenarnya adalah bagaimana kita bisa mencegah terjadinya gangguan pada mobil sedini mungkin. Nah, untuk tindakan pencegahan ini yang paling bagus adalah dengan mengantisipasinya dengan cara merawat mesin mobil setiap waktu. Jangan hanya mengendarai saja, namun malas merawat mobil. Karena jika Anda malas merawat mesin mobil, yang terjadi adalah banyaknya terjadi kerusakan dan gangguan pada mesin mobil yang itu sangat buruk untuk mobil Anda.

Mobil Anda menjadi mudah mogok, cepat rusak dan itu pasti akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda dalam mberkendara. Akhirnya, semoga artikel mengenai penyebab mobil turun mesin di atas bisa bermanfaat dan bisa menambah informasi kepada Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *