Cara Pasang Ring Piston Mobil Sendiri Dengan Mudah

Kali ini saya akan bagikan tips Cara Pasang Ring Piston Mobil Sendiri Dengan Mudah, Untuk anda yang sedang berlatih dalam mengoprek mesin Mobil, Ring Piston ini Sebagai penahan kompresi mesin dan pengatur pelumasan dinding linear mesin. perlu diketahui bahwa dalam pemasangan piston atau seher ini harus teliti, hati-hati dan tidak boleh sampai terbalik, jika dalam pemasangan piston/seher ini salah, makan akan beresiko terhadap mesin motor tersebut, biasanya kinerja mesin akan menjadi tidak optimal dan bahkan bisa sampai terjadi kebakaran. Jadi jika anda belum benar-benar pengalaman dalam proses pemasangan ini sebaiknya anda simak dan pahami artikel ini.

Okelah langsung saja simak dan perhatikan baik-baik Cara Pasang Ring Piston Mobil Sendiri Dengan Mudah:

cara pasang ring piston mobil

  • Pahami arti dari permukaan, kode, warna, dan sudut ring piston terlebih dahulu. Permukaan ring oli dan ring kompresi sangat berbeda, di mana ring oli tampak bergelombang dan ring kompresi terlihat datar. Ring kompresi juga ada kode N/T yang menghadap ke atas atau 1/atas. Sedangkan ring kompresi yang berwarna gelap atau kehitam-hitaman merupakan ring 2/bawah.
  • Pastikan pemasangan ring piston dilakukan pada posisi yang benar. Walaupun sama-sama berguna untuk memampatkan kompresi di ruang pembakaran, tetapi keduanya tetap mempunyai fungsi spesifik yang berbeda. Ring kompresi 1 berfungsi untuk menekan dinding silinder sehingga kompresinya tidak bocor. Sedangkan ring kompresi 2 berguna untuk menjaga kerapatan kompresi dan membersihkan sisa lapisan minyak/oli di dinding silinder.
  • Pada saat memasang ring kompresi, usahakan jangan meletakkan celah ring pada satu titik saja. Risikonya adalah timbulnya kebocoran pada sistem kompresi kendaraan bermotor. Hindari juga menaruh ujung ring kompresi di celah ujung cincin oli.
  • Pemasangan ring piston yang betul harus memperhatikan celah yang terdapat pada ring tersebut. Semua ring piston memiliki bagian yang terputus atau biasa disebut celah. Dalam pemasangannya nanti, atur tata letak tersebut sedemikian rupa agar tepat terpasang pada piston sepeda motor.

Itulah Cara Pasang Ring Piston Mobil Sendiri Dengan Mudah:. semoga artikel ini berguna untuk anda yang membacanya. jangan lupa ya untuk baca-baca atau cari artikel lainnya di blog ini.
Sekian dan terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *