Cara Merawat AC Mobil Sendiri Dan Penyebab Bau Tak Sedap

Cara Merawat AC Mobil SendiriKali ini Kita akan Membahas Cara Merawat AC Mobil Sendiri Dan Menghilangkan Bau Tak Sedap, Namun sebelum kita bahas lebih lengkap mengenai cara merawat AC mobil sendiri, ada baiknya kalau kita simak terlebih dahulu masalah-masalah umum yang sering diderita oleh komponen AC mobil. Masalah yang pertama biasanya adalah AC mobil mengeluarkan bau yang tidak sedap, sehingga anda kurang nyaman saat berada di kabin. Masalah pada komponen AC mobil ini tentu akan menjadi masalah bagi penumpang mobil anda, bahkan dapat mengakibatkan pusing anda dan penumpang lainnya.

Selain bau tidak sedap, masalah yang juga sering terjadi pada AC mobil adalah AC mobil kurang dingin. Sehingga meskipun AC mobil anda sudah nyala anda tetap saja merasa dingin. Nah, berikut ini beberapa penyebab masalah AC mobil tersebut, baik kurang dingin atau kenapa AC bisa mengeluarkan bau tidak sedap. Simak berikut ini:

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Bau Tidak Sedap

Berikut ini beberapa penyebab AC mengeluarkan bau tidak sedap yang harus anda hindari:

  • Penyebab pertama AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap adalah karena anda menggunakan pengharum mobil yang tidak tepat dan berkualitas rendah. Pengharum mobil yang asal-asalan tersebut biasanya memiliki kualitas bahan yang rendah sehingga seringkali dapat membuat kotor bagian evaporator mobil anda sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap.
  • Selanjutnya, kebiasaan membuka jendela mobil saat berkendara juga dapat menyebabkan bau tidak sedap. Debu dan kotoran dari luar sangat mudah sekali masuk ke dalam mobil ataupun rongga-rongga komponen AC mobil anda melalui udara yang terhembus.
  • Penyebab bau tidak sedap selanjutnya adalah karena aroma sepatu ataupun sandal ke dalam mobil, karena kotoran dan debu dari sepatu ataupun sandal biasanya akan menempel pada mobil dan dalam waktu yang lama dapat merusak komponen AC anda.
  • Ini yang terakhir, yaitu asap rokok. Usahakan untuk tidak merokok selama berkendara atau saat di dalam mobil anda. Kandungan nikotin pada rokok akan menempel pada evaporator dan seiring waktu jika kebiasaan anda sering dilakukan nikotin dalam evaporator tersebut akan menjadi berlendir.
Kali ini mari kita kupas tuntas bagaimana caramerawat AC mobil yang benar agar tetap dingin, terhindar dari bau tidak sedap dan lebih panjang umurnya, simak selengkapnya:
  1. Seperti sudah disebutkan di atas, cara merawat AC mobil yang harus kita lakukan pertama kali adalah  Cara merawat AC mobil yang pertama adalah dengan rutin membersihkan kabin anda dari kotoran dan debu yang menghinggap. Seperti pada karpet yang biasanya terdapat kumpulan debu kotoran yang banyak karena sepatu atau sandal yang kotor.
  2. Yang tidak kalah penting lagi adalah, usahakan untuk tidak membuka jendela anda saat berkendara, karena debu dan kotoran sangat mudah sekali masuk ke dalam kabin mobil anda melalui udara.
  3. Cara merawat AC mobil selanjutnya yaitu jangan merokok saat berkendara, untuk menghindari nikotin yang bisa menghinggap pada evaporator mobil anda.
  4. Tips perawatan AC mobil yang juga tidak kalah penting adalah, pastikan AC mobil pada posisi mati saat menghidupkan mobil dan tunggu sampai kerja mesin mobil anda stabil baru menghidupkan AC.
  5. Tips perawatan AC mobil selanjutnya adalah jangan lupa untuk membersihkan kondensor mobil anda dari kotoran dan debu yang menempel pada saat mencuci, karena jika dibiarkan akan menyebabkan korosi dan kebocoran.
  6. Carilah tempat yang teduh saat memarkirkan kendaraan anda agar mesin mobil anda tidak kepanasan.Kondisi mesin mobil anda hidupkan saat kondisi panas akan menyebabkan mesin mobil cepat rusak.
  7. Kalau bisa, pasang filter kabin untuk menyaring debu dan kotoran yang menghinggap.
  8. Perlu juga diperhatikan saat anda membersihkan mobil, bersihkan juga filter kabin secara rutin dengan cara disemprot dengan angin atau vacuum, jika sudah terlalu kotor maka sebaiknya ganti dengan yang baru.
  9. Khusus untuk mobil yang menggunakan extra fan, maka anda harus selalu cek extra fan atau kipas kondensor. Extra fan ini berfungsi untuk membuang panas kondensor disaat AC mobil dinyalakan. Namun jika mobil tidak menggunakan extra fan seperti mobil Vioz, Avanza, dan Xenia maka periksa kipas radiator berputar saat ac mobil anda hidup. Kipas radiator ini juga memiliki fungsi sama dengan kipas radiator.
  1. Cara merawat AC mobil yang terakhir adalah hindari menggunakan sirkulasi udara dari luar, karena udara dari luar biasanya mengandung debu dan kotoran.
Demikianlah beberapa Cara Merawat AC Mobil Sendiri  yang benar dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *