Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik Pada Saat Di Tanjakan

Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik Pada Saat Di TanjakanPada dasarnya, semua mobil jika tidak mendapatkan tips perwatan mesin mobil yang memadai, pasti akan terjadi gangguan pada mesin mobil. Termasuk terjadinya suara ngelitik pada mesin mobil ini. Suara ini sering timbul pada saat mobil berada di tanjakan, karena memang di situlah pengkal munculnya suara itu pada mesin mobil Anda. Maka dari itu, sedikit banyak Anda harus mulai memahami bagaimana cara mengatasi mesin mobil ngelitik saat di tanjakan. Anda tidak bisa terus mengandalkan tukang bengkel. Ada baiknya jika kita sendiri bisa mengatasinya, maka kita lakukan sendiri.

Lalu bagaimana cara mengatasi mesin mobil ngelitik saat di tanjakan, apakah dibiarkan saja akan menghilang sendiri, atau kita harus melakukan sesuatu. Untuk cara mengatasi mesin mobil ngelitik saat di tanjakan, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Tips ini bisa mengurangi atau bahkan justru bisa menghilangkan suara ngelitik pada mesin mobil Anda. Bagaimana tips nya, simak di bawah ini.

Berikut ini tips  Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Mobil Ngelitik Pada saat Ditanjakan

  1. Membersihkan Saringan Bahan Bakar

Yang bisa Anda lakukan pertama untuk cara mengatasi mesin mobil ngelitik adalah dengan membersihkan saringan bahan bakar. Ini adalah sebuah solusi yang bisa Anda lakukan karena salah satu yang menjadi penyebab terjadinya suara mesin mobil ngelitik adalah karena saringan bahan bakar yang kotor. Cara membersihkan saringan bahan bakar yang kotor ini cukup mudah, Anda bisa menggunakan amplas yang halus untuk membersihkannya. Bunyi ngelitik ini juga bisa muncul karena kotornya saringan mobil sehingga bahan bakar yang masuk pada mesin tidak bersih.

Selain itu, penyebab lainnya adalah, jika kabel busi sudah tidak bisa lagi menghantarkan listrik dengan baik, maka Anda juga harus segera menggantinya. Busi sendiri sangat erat kaitannya dengan sistem listrik yang ada pada mobil Anda.

  1. Mengganti Bahan Bakar Mesin Mobil Anda

Cara ini juga bisa menjadi pipihan sebagai salah satu cara mengatasi mesin mobil ngelitik saat di tanjakan. Anda bisa mengganti bahan bakar mobil Anda, gantilah bahan bakar mesin monil Anda dengan nilai oktan 92 atau dengan yang lebih tinggi. Premium adalah bahan bakar dengan tingkatan oktan yang paling rendah yakni sebesar 88. Selanjutnya adalah pertamax dengan menempati posisi ke dua dengan nilai oktan sebesar 92. Selanjutnya adalah pertamax plus yang merupakan bahan bakar dengan nilai oktan yang paling tinggi yakni sebesar 95. Dengan kata lain, jika Anda masih menggunakan premium, maka segera gantilah ke bahan bakar dengan nilai oktan yang di atasnya.

Untuk tindakan pencegahan terhadap terjadinya suara neglitik pada mesin mobil, Anda bisa menggunakan pertamax atau pertamax plus untuk bahan bakar mesin mobil Anda. Memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan premium, namun bahan bakar ini sangat bagus untuk mesin mobil Anda. dan mengganti bahan bakar ini bisa menjadi cara mengatasi mesin mobil ngelitik saat di tanjakan yang sangat efektif dan efisien.

  1. Melakukan Perawatan Berkala Pada Pendingin Mesin

Cara mengatasi ngelitik pada mesin mobil selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan pada pendingin mesin mobil. Perlu Anda pahami bahwa pendingin mesin memiliki peran yang sangat vital terhadap performa mesin mobil Anda. Kenapa demikian, karena jika sistem pendingin mesin sudah usang, maka yang terjadi adalah mesin akan mengalami overheat atau kepanasan. Dan kepanasan ini lah yang sering menjadi penyebab mesin mobil Anda akan mengeluarkan suara negelitik. Mesin yang panas kemudian ditambah dengan tekanan kompresi yang tinggi akan menyebabkan bahan bakar mengealami pembakaran yang tidak sempurna.

  1. Berkendaralah Dengan Baik Dan Benar

Ini sebenarnya adalah pesan yang umum dan sudah ada sejak lama. Namun demikian, masih saja banyak orang yang tidak memahami bagaimana cara berkendara yang baik dan benar. Artinya apa, selain Anda harus memiliki surat ijin mengemudi, Anda juga harus memahami berbagai cara mengendarai mobil yang benar. Hal ini terkait erat dengan berban muatan, kecepatan berkendara dan lainnya.

Jangan sampai Anda mengendarai mobil dengan muatan yang melebihi kapasitas beban mobil Anda sendiri, karena ini sangat berat untuk mesin mobil Anda. Selain itu, Anda juga harus mengerti kapan harus menggunakan kecepatan tinggi, dan kapan harus menggunakan kecepatan rendah. Jangan sampai Anda menggunakan kecepatan tinggi ketika berada pada posisi gigi rendah. Nah, hal-hal kecil semacam ini bisa menjadi pencegahan dan cara mengatasi mesin mobil ngelitik saat di tanjakan. Jangan remehkan hal mesacam ini.

  1. Jangan Hanya Mengendarai Saja

Sebagai seorang yang memiliki mobil, sebaiknya jangan hanya mengendarai saja. Anda dituntut juga harus mampu mengetahui bagaimana cara merawat mesin mobil yang baik dan benar. Karena kebanyakan orang saat ini hanya mau mengendarai saja tanpa mau merawat mesin mobil, mereka hanya mengandalkan bengkel saja dan itu sering kali setelah terjadi berbagai macam gangguan pada mesin mobil. Selaini itu, seringnya Anda mengendarai mobil pada tanjakan juga menjadi penyebab utama mesin mobil muncul suara ngelitik. Maka dari itu, Anda juga harus mau memahami bagaimana cara mengatasi mesin mobil ngelitik, atau setidaknya Anda mengerti bagaimana cara mencegah terjadinya suara mesin mobil ngelitik.

Karena bagaimanapun juga, berbagai masalah pada mesin mobil yang muncul, itu bisa juga terjadi karena cara merawat mesin mobil yang tidak maksimal. Bagi Anda pemilik mobil, sebaiknya rajin-rajinlah menjalankan berbagai tips perawatan mesin mobil. Meski mungkin apa yang Anda lakukan itu hanya tips merwat mobil sederhana, itu sudah sangat bagus sekali. Jangan hanya mengandalkan bengkel ketika terjadi masalah pada mesin mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *